Tujuan dan Contoh Pendidikan Informal, Non Formal dan Formal yang Perlu Kamu Ketahui

Tujuan dan Contoh Pendidikan Informal, Non Formal dan Formal yang Perlu Kamu Ketahui – Pendidikan merupakan bagian penting dalam kehidupan setiap orang. Ada tiga jenis pendidikan yang paling umum yaitu formal, non formal, dan informal.

Setiap jenis pendidikan memiliki karakteristik dan tujuan yang berbeda-beda. Pada artikel ini, kitahebat akan membahas contoh pendidikan informal, non formal, dan formal secara lebih detail.

Pengertian Pendidikan Informal, Non Formal dan Formal

Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita pahami terlebih dahulu pengertian dari pendidikan formal, non formal, dan informal.

Baca juga : Apa Program Pemerintah untuk Memajukan Pendidikan di ASEAN ? Inilah Cara yang Dianggap Paling Ampuh dalam Memajukan Pendidikan di ASEAN

Pendidikan Formal

Pendidikan yang diselenggarakan oleh sistem pendidikan formal seperti di sekolah, perguruan tinggi, dan lembaga pendidikan lainnya.

Pendidikan Non Formal

Pendidikan yang tidak diselenggarakan oleh sistem pendidikan formal, tetapi masih terstruktur dan mengikuti kurikulum tertentu, seperti kursus bahasa, pelatihan kerja, atau pelatihan komputer.

Pendidikan Informal

Pendidikan yang tidak terstruktur, tidak memiliki kurikulum tertentu, dan biasanya dilakukan di luar lingkungan formal, seperti belajar melalui pengalaman hidup, membaca buku, atau menonton video di internet.

Contoh Pendidikan Formal, Informal, dan Nonformal

Berikut ini adalah contoh dari Pendidikan formal, informal, dan nonformal yang harus kamu ketahui

Baca juga : Dasar Pendidikan Multikultural Sangat Dibutuhkan Oleh Indonesia Karena Digunakan Sebagai Pemersatu Bangsa

Contoh Pendidikan Informal

Membaca Buku

Membaca buku adalah salah satu bentuk pendidikan informal yang paling umum. Dengan membaca buku, seseorang dapat memperoleh pengetahuan baru tentang berbagai topik yang menarik minat mereka.

Menonton Video di Internet

Menonton video di internet adalah cara yang populer untuk belajar hal baru secara informal. Ada banyak saluran di YouTube yang menawarkan tutorial tentang berbagai topik, dari memasak hingga keterampilan teknis.

Belajar dari Pengalaman Hidup

Pengalaman hidup dapat menjadi sumber pembelajaran yang berharga. Misalnya, seseorang dapat belajar banyak tentang keterampilan manajemen waktu dari pengalaman bekerja sambil kuliah atau mengurus keluarga.

Baca juga : 7 Kemajuan Teknologi yang Dapat Menunjang Program Pendidikan Antara Lain Adalah Sebagai Berikut, Ternyata Bukan Hanya Smartphone !

Contoh Pendidikan Non Formal

Pelatihan Kerja

Pelatihan kerja adalah contoh umum dari pendidikan non formal. Pelatihan ini biasanya dilakukan di luar lingkungan formal dan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kerja seseorang.

Kursus Bahasa

Kursus bahasa adalah contoh lain dari pendidikan non formal yang umum. Kursus bahasa ini biasanya diselenggarakan di luar lingkungan formal dan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing seseorang.

Pelatihan Komputer

Pelatihan komputer adalah bentuk pendidikan non formal lainnya yang populer. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknis dan penguasaan perangkat lunak.

Baca juga : Sejarah Pendidikan Kolonialisme dan Berkembangnya Sistem Pendidikan Barat Melahirkan Golongan Nasionalisme Tinggi

Contoh Pendidikan Formal

Sekolah

Sekolah adalah contoh paling umum dari pendidikan formal. Sistem pendidikan formal ini bertujuan untuk memberikan pendidikan terstruktur dalam berbagai mata pelajaran.

Perguruan Tinggi

Perguruan tinggi merupakan contoh lain dari pendidikan formal yang lebih lanjut setelah sekolah. Perguruan tinggi memberikan pendidikan terstruktur yang lebih mendalam pada bidang-bidang tertentu, seperti teknik, ilmu sosial, atau kedokteran.

Sekolah Kejuruan

Sekolah kejuruan adalah bentuk pendidikan formal yang berfokus pada pemberian keterampilan dan pelatihan kerja di bidang-bidang tertentu, seperti kuliner, tata rias, atau teknik mesin.

Baca juga : E-learning Merupakan Dampak Perkembangan Teknologi informasi yang Sangat Membantu Pembelajaran di Bidang Pendidikan

Perbedaan antara Pendidikan Formal, Non Formal dan Informal

Terdapat beberapa perbedaan antara pendidikan formal, non formal, dan informal, seperti:

Tujuan

Pendidikan formal dan non formal bertujuan untuk memberikan pendidikan terstruktur dalam bidang-bidang tertentu, sedangkan pendidikan informal bertujuan untuk memberikan pengetahuan melalui pengalaman hidup.

Kurikulum

Pendidikan formal dan non formal memiliki kurikulum yang terstruktur, sedangkan pendidikan informal tidak memiliki kurikulum yang terstruktur.

Fungsi  Pendidikan Formal, Informal, dan Nonformal

Pendidikan formal, informal, dan nonformal memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam memberikan pendidikan kepada individu.

Baca juga : Cara Mengembangkan Prestasi Anak Dengan Berbagai Teknologi Pendidikan Masa Kini Serta Manfaat yang Didapat

a. Pendidikan Formal biasanya dilakukan di lembaga pendidikan seperti sekolah atau universitas dan memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang terstruktur serta mempersiapkan individu untuk memasuki dunia kerja atau pendidikan lanjutan.

Fungsi pendidikan formal juga mencakup pembentukan karakter dan sikap yang baik, serta pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif.

b. Pendidikan Informal, di sisi lain, adalah proses belajar yang tidak terstruktur dan biasanya tidak memiliki kurikulum yang baku. Contoh pendidikan informal adalah belajar dari pengalaman sehari-hari, seperti melalui obrolan dengan teman atau keluarga, membaca buku, menonton film atau acara televisi yang mendidik, serta mengikuti pelatihan atau kursus singkat.

Fungsi pendidikan Informal adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, serta membantu individu untuk terus belajar sepanjang hidupnya.

c. Pendidikan Nonformal berada di antara pendidikan formal dan informal dan biasanya diselenggarakan di luar lingkungan formal seperti organisasi atau lembaga masyarakat.

Tujuan dari pendidikan nonformal adalah untuk memberikan peluang belajar yang fleksibel dan terjangkau bagi individu yang tidak dapat mengikuti pendidikan formal.

Fungsi pendidikan nonformal adalah untuk memberikan kesempatan belajar kepada individu yang membutuhkan, serta membantu mereka untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan mereka dalam bidang tertentu.

Baca juga : Pemanfaatan Teknologi di Era Digital dalam Bidang Pendidikan di Indonesia

Sistem

Pendidikan formal dilakukan oleh sistem pendidikan formal, sedangkan pendidikan non formal dan informal dilakukan di luar sistem formal.

Keuntungan dari Setiap Jenis Pendidikan

Setiap jenis pendidikan memiliki keuntungan masing-masing, seperti:

  • Pendidikan formal memberikan sertifikat dan gelar yang diakui secara resmi, sehingga dapat meningkatkan peluang karir seseorang.
  • Pendidikan non formal memberikan keterampilan tambahan yang dapat membantu seseorang dalam karir atau kehidupan sehari-hari.
  • Pendidikan informal memberikan kebebasan untuk belajar hal-hal yang menarik minat seseorang tanpa harus mengikuti kurikulum tertentu.

Kesimpulan

Pendidikan formal, non formal, dan informal memiliki karakteristik dan tujuan yang berbeda-beda.

Setiap jenis pendidikan memiliki keuntungan masing-masing dan dapat membantu seseorang dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka.

Penting untuk memilih jenis pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pribadi.

Baca juga : Inilah 4 Alasan Ki Hajar Dewantara Mengganti Namanya dan Ketahuilah Makna Tersirat dari Nama Tersebut

Itulah Tujuan dan Contoh Pendidikan Informal, Non Formal dan Formal yang Perlu Kamu Ketahui, semoga bermanfat untuk Kitahebat semua

Terimakasih